Antibiotik Berlebih Resisten


Waspadai Corynebacterium Diptheriae, jangan anggap enteng jenis bakteri mematikan

Penelitian ilmuwan Prancis Louis Pasteur pada akhir 1800-an dan Alexander Fleming menemukan penisilin pada awal abad ke-20, sejak itu dunia kedokteran mulai mengenal obat antibiotik. Pada pertengahan tahun 1940-an produk komersial antibiotik diperkenalkan secara menyebar ke seluruh penjuru dunia. Entah berapa jumlah kehidupan yang berhasil diselamatkan melalui obat ajaib yang berhasil menjadi pilihan dokter menuliskan resep antibiotik pada pasien.

Tujuh puluh tahun setelah penggunaan antibiotik, ada kekhawatiran nyata apakah resep tersebut yang diberikan pada pasien untuk mematikan bakteri penyebab sakit di dalam organ tubuh mulai dipertanyakan. Benarkah perawatan medis yang hanya bertumpu pada pemberian obat antibioti secarat terus-menerus tidak akan menimbulkan resistensi pada bakteri penyebab penyakit, mulai menghantui. Beberapa ahli bahkan takut dunia kembali menghadapi tantangan kesehatan masyarakat pada masa pra-antibiotik.

Pada dasarnya resistensi bakteri terhadap antibiotik sebenarnya merupakan proses alami. Bakteri telah menanamkan di dalamnya kemampuan untuk melawan obat yang dikembangkan untuk memberantasnya. Pada saat bersamaan, tindakan manusia memperburuk masalah dengan terus menelan obat sejenis dengan dosis sama menjadi peyebab bakteri kebal.

Penting diketahui pelbagai jenis antibiotik dan fungsinya kepada masyarakat

Para ilmuwan telah menemukan bahwa ada kaitan antara munculnya resistensi terhadap obat antibiotik yang diberikan kepada orang-orang dan penggunaan antibiotik yang sama pada hewan ternak. Hasil penelitian menemukan penggunaan antibiotik justru menimbulkan masalah pada primata setelah diberi obat sejenis secara terus menerus, bukannya mematikan penyakit menular dan sembuh, tetapi malah resisten.

Dibutuhkan waktu lebih lama untuk menyembuhkan penyakit, bila obat awal antibiotic yang diberikan pada pasien gagal membunuh penyebab penyakit. Ada baiknya bila dokter perlu meresepkan obat yang berbeda atau menggunakan zat beracun yang lebih berbahaya dalam upaya membunuh bakteri penyebab penyakit pasien. Tenaga medis perlu memahami penderita pasien, sehingga memahami penderitaan orang pada saat penyembuhan.

Selain bakteri pelbagai jenis strain virus pun mulai terkuak

Bagi tenaga medis maupun orang di luar profesi medis dapat membantu melawan kecenderungan yang mengganggu ini. Dokter seharusnya hanya meresepkan antibiotik bila diperlukan. Alih-alih mengubahnya menjadi jawaban termudah untuk berbagai masalah kesehatan. Pada saat yang sama, pasien harus berhenti melihat antibiotik sebagai semacam “solusi ajaib” dan oleh karena itu mereka akan berhenti memberi tekanan pada dokter untuk mendapatkan resep obat antibiotik.

Meskipun banyak perpecahan politik dan ekonomi di dunia ini, perang melawan perlawanan terhadap antibiotik harus bisa menyatukan semua negara. Orang-orang dari semua kelompok usia dan etnis telah mengandalkan obat-obatan ini untuk melawan infeksi. Kerjasama internasional memungkinkan pemantauan yang efektif terhadap fenomena resistensi antibiotik dan pengambilan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut. Bahkan mulai tahun 2015, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memulai kampanye penggunaan antibiotik “Antibiotic: Handle with care” tahunan di bulan November.

Bakteri dan virus mematikan pantas diwaspadai pemberian obat tak menimbulkan resistensi

Berdasar daftar dari WHO, saat ini mencakup pneumonia, tuberkulosis dan sejumlah penyakit menular seksual (PMS). Ada pertanda bahwa daftar itu berkembang. Sementara banyak masalah kesehatan masyarakat terutama mempengaruhi, negara-negara terbelakang, masalah ini juga menjadi masalah yang signifikan di negara-negara barat yang makmur. Periset mencatat bagaimana resistensi tampaknya meningkat sejalan dengan kemudahan pemberian antibiotik di atas meja di negara tersebut, dan pedoman lemah yang mengendalikan penggunaan atau penyalahgunaannya.

Media sering menyebut bakteri yang resisten terhadap antibiotik dengan istilah khusus “superbugs.” Ada ketakutan nyata bahwa mereka dapat membawa malapetaka berdimensi sebanding dengan Eropa di abad pertengahan. Laporan pemerintah Inggris yang sangat mengganggu memperkirakan bahwa di superbug pertengahan abad kedua puluh satu mungkin menyebabkan sebanyak dua puluh kematian per menit! Perserikatan Bangsa-Bangsa maupun WHO menilai ancaman superbugs sama seriusnya dengan virus Ebola.

Terlepas dari prediksi menakutkan dari ancaman utama terhadap kesehatan dunia ini, statistik menunjukkan dengan jelas kerusakan yang disebabkan oleh bakteri resisten antibiotik pada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit tahun 2017, bahwa beberapa juta orang Amerika sudah memiliki infeksi superbug. Setiap tahun sekitar 23.000 meninggal karena penyakit yang terkait dengan bakteri tersebut di dalamnya, dan tingkat kematian pada tingkat yang sama.

Dafar bakteri resisten terhadap pinisilin

Diperkirakan, menurut catatan WHO, tiga perempat antibiotik yang digunakan saat ini diberikan pada hewan, itu menimbulkan risiko bagi konsumen produk hewani. Jadi menjadi pilihan vegan yang paling sehat? Belum tentu. Supermarket membeli unggas yang diberi antibiotik, dan bakteri menemukan jalannya dari penghitung daging ke sayuran hijau. Salah satu cara efektif untuk mencegah superbug merajalela, organisasi kesehatan dunia, mendorong agar dokter membatasi resep obat antibiotic.

Uni Eropa telah melarang petani menggunakan antibiotik untuk merangsang pertumbuhan hewan. Namun, di banyak negara lain, tidak ada pembatasan seperti itu yang berlaku. Terlepas dari semua upaya untuk membatasi penyebaran serangga resisten antibiotik, ada indikasi bahwa ancaman tersebut meningkat. Peneliti medis juga bekerja keras mengembangkan obat yang bisa menetralisir resistensi antibiotik yang telah dikembangkan beberapa bakteriĀ (Nicole dari Jerman/Eddy Je Soe/berbagai sumber)

 

Previous Mengejar Mimpi
Next Jimi Hendrix Sang Legenda Gitaris Dunia

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *