Sandra Bullock Artis ‘Loman’ Senang Membantu Rakyat Miskin yang susah


Sandra Bullock selain artis film papan atas dengan bayaran tinggi, actingnya sangat memukau. Selain kiprahnya di dunia nyata suka menolong rakyat miskin

Bagi penggemar film laga, tentu nama bintang film sugih tur tidak cethil yang satu ini tak asing dalam ingatan, Sandra Annette Bullock. Aktris sekaligus produser filantropi kelahiran Arlington, Virginia 61 tahun, namanya memang telah meroket sejak tahun 1990-an via film Speed, Dermolition Man, A Time to Kill, The Net dan While You Were Sleeping. Meski kekayaannya miliaran sebagai bintang film papan atas, toh dia tidak nggutil. Bullock dinilai selibriti loman alias tidak tegaan ngeliat rakyat di berbagai negara sedang sengsara.

Tidaklah mengherankan bila di usianya yang tidak muda lagi, Bullock menjadi incaran produser membintangi film. Bagi penggemar film seperti Miss Congeniality, The Lake House dan Crash menjadi tontonan hampir separuh penduduk sejagad berdecak kagum. Jangan heran bila pada tahun 2007, Bullock ditempatkan sebagai selebritis wanita terkaya peringkat 14 dengan total asset 85 juta dollar AS saat itu. Tak mengherankan bila Bullock memenangi Golden Globe Award sebagai aktris terbaik film drama dalam dua film sekaligus The Proposal dan The Blind Side.

Penampilannya dalam film yang dibintangi Bullock acap mengundang decak kagum (cortesy: pic warner bros)

Bahkan penampilannya di film The Blind Side sebagai Leigh Anne Tuohy, Bullock memperoleh penghargaan bergengsi sebagai aktris terbaik berhak memperoleh Academy Award. Bahkan Guinness Book of World Record pada tahun 2012, Bullock disebut sebagai aktris dengan pendapatan 56 juta dollar AS. Sebuah bayaran tertinggi dan bergengsi waktu itu.

Meskipun Bullock dilahirkan dari keluarga mapan, toh ia tak mau memanfaatkan ketenaran ayahnya John W Bullock sebagai militer, sebelum dipercaya menjadi kontraktor di gedung Pentagon. Bullock lebih suka mendampingi ibunya ngikutin tur opera di Eropa dan menghabiskan waktu di Salzburg dan Nurnberg sembari belajar bellet sejak kecil. Pendidikan tingginya tak diselesaikan di East Carolina University di Greenville, North Carolina, Bullock keluar pada tahun keempat musim semi tahun 1986, dan memilih menekuni sebagai aktris. Setelah bekerja sebagai bartender, cocktail waitress dan coat checker, Bullock akhirnya meneruskan kuliah di East Carolina University dan menamatkan Pendidikan tingginya.

Karirnya moncer setelah Bullock memenagi sebagai aktris terbaik dalam film The Blind Side. Tidaklah mustahil bila ia memenangkan penghargaan sebagai artis terkenal lantaran Bullock memang suka akting dan mengikuti kurus di Sanford Meisner. Bahkan sebelum mapan sebagai selebritas, Bullock pernah ditawari main film layar lebar ketika ia masih belajar di sekolah menengah atas. Kepiawaiannya beracting prima hingga ia dipercaya bermain dalam drama off Broadway, “No Time Flat” yang disutradarai Alan J Levi.

Bullock mengawali sebagai artis sejak usia remaja sebagai pemadu sorak dan bergiat didunia seni drama di sekolah

Bahkan Alan menawarinya peran dalam film TV Bionic Showdown: The Six Million Dollar Man and the Bionic Woman (1989). Sejak itulah nama Sandra Bullock pelan-pelan melesat membuat gaduh bintang film lawasan di eranya. Apalagi sutradara film independen menawarinya bermain dalam serial Working Girl pada tahun 1990, meski tayang singkat di NBC, nama Sandra mulai diperhitungkan dalam dunia acting kelas anak baru geblek di Amerika.

Entah lantaran dia ‘ngocol’ ingin jadi bintang film layar lebar atau sekedar dikenal, Bullock pada tahun 1990-an malah kebanjiran tawaran bermain film antara lain Love Potion No 9, The Thing Called Love (1993) dan Fire on the Amazon. Tidak hanya itu, Sandra Bullock pun mendapat peran sebagai aktris pendukung dalam film fiksi ilmiah Demolition Man, juga pada tahun 1993, dan peran utama dalam film layar lebar Speed.

Di akhir tahun 1990-an dan awal 2000-an Bullock dinilai sebagai peraih sukses terbesar sejak ia wira-wiri jadi bintang film lebih dari lima tahun berakting, ketika ia membintangi film While You Were Sleeping dan Miss Congeniality. Jangan kaget bila pundi-pundinya makin bertambah berat dijinjing, lha wong dapat bayaran ‘cuma’ 11 juta dollar AS, bagaimana ngangkatnya, ketika berperan dalam Speed 2 ‘Cruise Control’.

Meski saat ini tak lagi membintangi film bergenre muda, setiap penampilannya di ajang bergengsi menjadi incaran media massa

Saking kepinginnya ia menjadi sutradara sendiri saat masih belia, Bullock mendanai film yang dibuatnya sendiri Hope Floats. “Agak nyesel juga ngabisin duit bikin sekuel itu. Tapi enggak apa dapat ganti 17.5 juta dollar AS disuruh main dalam film Miss Congeniality two: Armed and Fabulous.”

Ketenaran dan kedermawanan membagi-bagi kebahagiaan pada rakyat miskin yang sedang tertimpa musibah, dinilai majalah People sebagai salah satu dari 50 selebritas sebagai most Beautiful People in the World pada tahun 1996 dan 1999. Ia pun memperoleh peringkat ke-58 dalam daftar top 100 Movie Stars of All Time di majalah ternama Empire. Tidaklah mustahil bila Sandra Bullock menyandang predikat prestisius tersebut. Pada tahun 2002 Bullock tampil bersama Raul Julia saat menerima penghargaan atas keberhasilannya sebagai produser eksekutif dalam komedi situasi George Lopez yang membuka jalan bagi kaum Hispanik biar berkarir dalam bidang media dan industri hiburan. Dan jangan pula dilupakan, jutaan dollar AS duitnya juga disumbangkan pada rakyat yang tertimpa malapetaka Tsunami tahun lalu. Njuk selebritas kita pada kemana jhal? (nicole dari London/eddy je soe)

Namanya juga artis papan atas, meski naik kereta komuter Bullock tak canggung, padahal duitnya miliaran dollar. Duitnya lebih banyak didonasikan untuk amal membantu rakyat miskin (courtesy people)
Previous Ahli Penyakit dan Penemu obat Alergi Meninggal di Usia 108 Tahun
Next Mejikuhibiniu & Klambi Putih Presiden

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *